Minggu, 29 April 2012

Seragam Canggih Militer Amerika


 

   Seragam militer pada umumnya hanya menggunakan kain biasa... namun lain halnya di amerika,sebuah lembaga penelitian sedang mengembangkan sebuah seragam dengan teknologi tinggi masa depan.

  Office of Naval Research menamainya dengan ONR untuk proposal penelitiannya, organisasi ini sedang membuat seragam yang mampu mengukur tanda vital tentara, mendeteksi lokasi dan keparahan luka akibat peluru, dan bahkan mengirim transmisi lokasi mereka untuk tenaga medis melalui sensor GPS  yang ditanamkan ke dalam kain seragam tentara tersebut.

  Seragam yang disebut dalam bahasa sederhana "Pakaian Cerdas untuk Reaksi Cepat untuk Membantu Tentara Terluka," adalah bukan yang pertama kalinya dibuat. Pada tahun 2004 lalu upaya Angkatan Darat Amerika telah melakukan hal yang sama untuk seragam tentara secara Robotik - yang disebut Prajurit Angkatan Masa Depan - mencoba untuk merubah seragam menggunakan pelindung tubuh namun ringan, "e-tekstil" (kain tahan lama terjalin dengan kawat) dan sensor gel dimaksudkan untuk mengirimkan tanda-tanda vital seorang prajurit yang bisa dipantau oleh markas.


   Seragam  ONR itu akan menggunakan "sensor yang terintegrasi dibangun ke dalam kain" untuk memonitor seluruh aspek kebugaran seorang prajurit, dan kemudian mengirimkan informasi tersebut untuk tenaga medis. Selain tanda-tanda vital dan luka tembak, sensor kain harus mampu "mendeteksi paparan kimia, biologi, radiologi dari ledakan nuklir" dengan memanfaatkan biomarker yang ada dalam air liur tentara keringat darah, atau air seni. Dan di mana luka tembak yang bersangkutan, benang akan melakukan lebih dari sekedar mendeteksi lokasi mereka. Mereka juga akan "memperkirakan kedalaman penetrasi dan organ sekitarnya yang terluka."

   Tapi tentu saja ide ini bukan untuk menggantikan perawatan medis dengan kain, tapi untuk membantu mendeteksi dini petugas medis dan ahli bedah, dengan memberikan diagnosa awal yang akan mempercepat proses tindak lanjut...dengan begitu penanganan medis pun bisa lebih cepat dan nyawa prajurit pun cepat tertolong.

  Waw keren kan... kapan ya Indonesia Bisa? semoga saja...sekian sekilas info salam dari desa.
 Sumber:wired.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar