Sabtu, 10 November 2012

Robot 'MacGyver' Angkatan Laut Amerika Serikat

   







  Siapa yang tidak kenal tokoh serial tv MacGyver? ya sudah tidak asing lagi bukan? dan di Amerika sana sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan Angkata Laut Amerika telah berhasil menciptakan sebuah
Mesin yang dijuluki Bot MacGyver, setelah dirakit perangkat ini dapat  melarikan diri situasi yang membahayakan jiwa,Tantangannya adalah bagaimana untuk mengembangkan perangkat lunak yang "mengerti" kebutuhan atau membantu manusia,.Angkatan Laut AS mendanai proyek ini dan mengatakan mesin akhirnya dapat digunakan untuk kebutuhan manusia.
 "Tujuan kami adalah untuk mengembangkan sebuah robot yang berperilaku seperti MacGyver, karakter televisi dari tahun 1980-an yang memecahkan masalah yang kompleks dan melarikan diri situasi berbahaya dengan menggunakan benda-benda sehari-hari dan bahan yang ditemukan di tangan," kata pemimpin proyek Prof Mike Stilman.

"Para peneliti di bidang perencanaan gerakan robot telah digunakan secara tradisional sistem visi komputer untuk mencari benda-benda di lingkungan yang berantakan untuk merencanakan suatu ide dan menjalankannya, tapi sistem ini belum memberikan informasi komplit apapun tentang fungsi objek '."


 
   Rencananya robot ini akan di buat sebagai robot penyelamatan,Mr Stilman mengatakan ia berencana untuk membuat perangkat lunak yang pertama kali mengidentifikasi obyek, kemudian metentukan hal-hal potensial yang bisa dilakukan dengan hal itu, sebelum mengubahnya menjadi "mesin sederhana" yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sebuah tindakan.

Contoh yang diberikan meliputi kotak yang disusun untuk memanjat sesuatu, membangun sebuah jembatan dari puing-puing atau memanjat di kursi untuk mengambil obyek di luar jangkauannya,Pada akhirnya perangkat lunak harus dapat menggabungkan tugas-tugas seperti diatas ketika diperlukan.


   Untuk menguji apakah hal ini bisa terjadi, para peneliti berharap untuk memasukan kode ke dalam Golem Krang - robot yang sudah dikembangkan oleh laboratorium Mr Stillman - untuk melihat apakah ia bisa bereaksi atau tidak, Robot ini terinspirasi oleh karakter MacGyver Richard Dean Anderson di serial televisi tahun 80-an
  Para peneliti akhirnya membayangkan situasi di mana mesin ini dapat dikerahkan untuk menyelamatkan petugas yang terperangkap tanpa perlu mempertaruhkan nyawa orang lain.
Salah satu intelijen peneliti (AI)
yang berbasis di Inggris mengatakan bahwa tantangannya terlalu sulit.

"Sebagai contoh, visi saja tidak cukup untuk memberitahu Anda jika sebuah objek dapat mendukung berat badan Anda atau digunakan sebagai pengungkit Anda perlu berinteraksi dengan benda itu secara fisik untuk memahami kemungkinan fisiknya,menurut Prof Barbara Webb, dari University of Edinburgh School of Informatika, mengatakan kepada BBC.   

Sumber; bbcnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar